Skip to main content

proxy server (squid-2.5.STABLE10)

Konfigurasi squid di ubuntu pake squid-2.5.STABLE10,
download dulu squid-2.5.STABLE10-20050525.tar.gz di http://www.squid-cache.org/Versions/v2/2.5/

tar xzfv squid-2.5.STABLE10-20050525.tar.gz

[root@mamat-desktop]# tar xzvf squid-2.5.STABLE2.tar.gz
[root@mamat-desktop]# cd squid-2.5.STABLE2

Buat user untuk menjalankan squid nantinya, NO ROOT untuk menjalankannya,
dan jangan beri shell (eq:/bin/bash) thd user yang menjalankanya.

[root@mamat-desktop]#useradd -d /usr/local/squid/ -r -s /dev/null squid > /dev/null 2>&1

Kompilasi dimulai,

[root@gembels squid-2.5.STABLE10]#
./configure \
--prefix=/usr/local/squid \
--exec-prefix=/usr/local/squid \
--enable-delay-pools \
--enable-cache-diggests \
--enable-poll \
--disable-ident-lookups \
--enable-snmp
[root@mamat-desktop squid-2.5.STABLE10]# make
[root@mamat-desktop squid-2.5.STABLE10]# make install

Sekarang masuk ke bagian configurasinya

[root@mamat-desktop]# nano /usr/local/squid/etc/squid.conf
[root@mamat-desktop]#nano /etc/squid/

http_port 8080
visible_hostname mamatsmpn24
cache_mgr akita_12@telkom.net
cache_dir ufs /var/spool/squid 500 16 256
cache_peer 172.16.1.1 parent 8080 0 no-query default

access_log /var/log/squid/access.log
cache_log /var/log/squid/cache.log

acl all src 0.0.0.0/0.0.0.0
acl manager proto cache_object
acl localhost src 127.0.0.1/255.255.255.255
acl guru src 172.16.97.1-172.16.97.20
acl siswa src 172.16.97.21-172.16.97.100
acl porno url_regex -i "/usr/local/squid/etc/porno.txt"

http_access allow localhost
http_access allow siswa
http_access deny siswa porno
http_access allow guru
http_access deny all

acl to_localhost dst 127.0.0.0/8
acl SSL_ports port 443 563
acl Safe_ports port 80 # http
acl Safe_ports port 21 # ftp
acl Safe_ports port 443 563 # https, snews
acl Safe_ports port 70 # gopher
acl Safe_ports port 210 # wais
acl Safe_ports port 1025-65535 # unregistered ports
acl Safe_ports port 280 # http-mgmt
acl Safe_ports port 488 # gss-http
acl Safe_ports port 591 # filemaker
acl Safe_ports port 777 # multiling http
acl CONNECT method CONNECT

#/etc/init.d/squid -z
#/etc/init.d/squid -D

Untuk memastikan jalan squidnya
#ps ax|grep squid
[root@mamat-desktop]# ps ax|grep squid/etc/init.d/squid restart
Untuk menambah supaya jadi transparent proxy
root@mamat-desktop:/usr/local/squid/etc# iptables -t nat -A POSTROUTING -o eth0 -j MASQUERADE
root@mamat-desktop:# echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward
root@mamat-desktop:/proc/sys/net/ipv4# iptables -t nat -I PREROUTING -i vmnet -s 172.16.97.3 -p tcp --dport 80 -j REDIRECT --to-port 8080
root@mamat-desktop:/proc/sys/net/ipv4# iptables -t nat -L -n -v

Selamat Mencoba :D

daftar pustaka : http://portal.gembels.com/ http://lug-stttelkom.co.nr/

Comments

Popular posts from this blog

Tipus

kamis 4 des telat makan, br mkan jm setengah 2, trus pas kul rpl jam 2 rasanya dah puyenk2 gitu sorenya q minta dianterin priksa k rs.. dikasuh obat jumat, sabtu dah membaik lah... minggu dah lumyan senin fit, k jakarta dech... selasa pagi da rapt jam 6, wah rasane dah g karuan... hanis tu kuliah dengan bdan yg cukup lemes... pulang trus makan, trus tidur (mbolos kuliah, untunge g ada dosen) bangun lumyan lah, meski msh g enak bdan slasa sore nganterin temenku k bec, wah rasane wes ndak jelas nih... yenk2an tenan g tau sadara apa tidak pas jalan ksana... wes ra karuan rabu malem da rapat d sekre. wah pas rapat rasane dah menggigil q tanya temennku katanya biasa ajah.. ndak dingin lha kok q kedinginan pulang langsung pake selimut, jaket tebel dan ndak bsa tidur.. pikira aneh2, tugas lah, lpj lah, peristiwa masa lalu lah pagi br bsa tidur, dan gak kuliah dech siangnya q minta temenku k rs lagi dan cek darah dan positif tipes 1/160 untung trombosit msh bgus 187rbu yo wes lah istirahat da

Purworejo Nasibmu Kini

Cerita tentang purworejo tentunya tak lepas dari kemajuan yang sangat pesat hingga tak ada satupun bangunan baru, haha, gak nyambung. Ya tapi begitulah maksudnya orang2 purworejo emang keren dan pesat pembangunannya, tapi mbangun daerah lain, bukan di pordjonya sendiri. Sepertinya orang2 emang enggan mbangun pordjo (termasuk saya). Jadi wajarlah nama “kota pensiun” bener2 pas buat pordjo. Tapi mungkin ya seperti itulah yang saya rasakan. Saya malah merasa lebih ingin pordjo ya gini2 aja, haha, bener2 parah, Justru enak rasanya. Pulang kampung itu gak macet dan masih bisa merasakan hawa2 kesegaran dan ketentraman. Tapi sepertinya keterlaluan juga klo pordjo gak maju2, dari jaman sekolah sampe sekrang gak ada perkembangannya. Cuma 1 kemajuannya udah ada alfamart dan indomaret, wkwkwk.. parah asli. Mall gak punya, tempat hiburan gak punya. Tapi jangan salah jaman saya SD pordjo punya 2 bioskop keren, di bioskop bagelen dan bioskop pusaka. Masih inget dulu saya nonton lion king ama bapak,

Analisa Ngawur Alaihum Gambreng

Lagi musim politik sepertinya rame banget dah ini. Apalagi lagi mo blos coblos capres. makin rame dah. Mengikuti perkembangan media baik cetak elektronik maupun sosial lha kok makin sadis aja, black campaign, white campaign, blue, yellow, dll. Jadi menurut "analisis saya" - pake gayanya sentilun.. adalah sebagai berikut Jika arah angin tetap seperti ini saja, tanpa ada badai yg tiba2 menghenyak, maka kemungkinan jokowi unggul dibanding prabowo, kenapa? 1. perkembangan di masyarakat si prabowo ini punya masalah ham, meskipun udah dimentahkan. seandainya benar maka dia pun hanya menjalankan perintah atasan, yang tidak laen atasan dia si wiranto yang sekarang di kubu jokowi. 2. koalisi prabowo isinya orang2 blunder, si hatta ada masalah dengan penegakan hukum yg si anaknya itu, si ical jelas masalah berat sama lapindo, si surya dharma malah ikutan masalah kesandung korupsi haji, yg pks juga ada masalah yg korupsi sapi (meskipun para kader pks membantah abis, tapi namanya st