Wednesday, July 20, 2016

Tipes dan Puasa 1437 / 2016

Seperti bertahun-tahun sebelumnya, puasa ya biasa aja (awalnya). Yah awal puasa hingga pertengahan puasa semua lancar dan seperti biasanya puasa, tapi menjelang akhir puasa peristiwa itu terjadi. Kalau tidak salah puasa ke 20 saya tumbang hingga akhir puasa.

Jadi ceritanya hari itu hari sabtu (25 juni). hari itu dikantor ada kerjaan keluar anter2 barang, dan puanas banget sih tapi masih okelah. Lalu pulang kerja jam 1 siang itu panasnya maknyus banget. sesampai di rumah jam 2 istirahat bentar karena sorenya mau ada buka bareng. Tapi kok sekitar jam 3an udah mulai sakit kepala, lumayan berat..

Jam 16.30 masih sakit, tapi mungkin cuma efek puasa, bentar lagi buka. Berangkat menuju bukber dan lumayan macet. Pas saatnya buka entah kenapa sakit kepala makin parah, perut mual dan parahnya lagi menggigil kedinginan, asli super menggigil lah. Jam 18.40 pulang, sambil kepala pusing, perut mual (pas buka tadi cuma makan seperempat porsi karena mual banget), plus menggigil (mikirnya cuma masuk angin). Sampe rumah dikerokin makan sebisanya.

Minggu nya, masih parah, pas waktunya sahur gak bisa makan apapun, bahkan dibikinin mie rebus pun gak disentuh, udah gitu malemnya gak bisa tidur dan agak ngigau gitu. Menjelang siang menguatkan diri periksa ke dokter dan cek lab dan hasilnya.. TIPES. alamakkkk.. puasa-puasa kena tipes,, wes fix tumbang.

Ciri2 tipes yang dialami : sakit kepala berat, menggigil parah, perut mual, lidah pahit, suhu tubuh panas
Selama awal2 (4 hari pertama) bener susah makan, jadi asupannya seadanya. minum juga kurang (MOHON JANGAN DITIRU).. hingga akhirnya seminggu kemudian udah mulai enakan buat makan dan minum.. periksa lagi ke dokter,, dan hasilnya tipus udah membaik.. tapi TROMBOSIT TURUN.. DIBAWAH NORMAL (normalnya 150.000) bisa dikatakan ini gejala DEMAM BERDARAH... ealahhh.. sepakett..

Alhasil mulailah mengonsumsi jus jambu (tapi agak takut sih, soale kan ada penyakit tipesnya.. tapi kata dokter gakpapa, yo wes, daripada disuruh opname.. langsung genjot jus jambu/pocari sweat/sari kurma..

Esok harinya (senin) periksa lagi dan Alhamdulillah udah naik.. gak jadi opname.. karena hari selasa nya udah mau mudik.

Saat menginjak hari terakhir puasa / hari mudik pun masih lemes2,, klo gerak2nya banyak jadi agak berkunang-kunang dan keringetan banget.. Thanks to istri yang kerjaanhya jadi super berat karena
- ngurus suami yang tumbang
- ngurus anak yang aktiv banget dan ceria dan kadang rewel juga sih (nak nakk..)
- ngurus rumah dan segalama macam tetek bengeknya
- lagi hamil 7 bulan
warbiyasahhh...

No comments:

Post a Comment