Wednesday, December 4, 2013

Perbaikan Jalan - Akhir Tahun & Musim Hujan

Kadang heran dengan kelakuan pemerintah. Kenapa pembangunan jalan itu selalu dilakukan di akhir tahun, padahal semua juga tahu, di Indonesia itu kalo akhir tahun biasanya musim hujan. dan sepertinya semua juga tahu, yang namanya aspal or semen itu kalah sama air.

Tapi entah kenapa hal ini terus dilakukan, bukan hanya tahun ini saja, karena sejak dulu hal ini selalu berulang, seperti tidak belajar dari kesalahan. Seperti nya alasannya cuma 1 -> menghabiskan anggaran. Well, kenapa gak dicicil aja sih dari jauh2 hari? jadi kan lebih awet aspal dan beton nya, sama perbaikan2 taman maupun lain2nya. klo sekarang kan jadi ngebut, kualitas diabaikan yang penting kuantitas.

Padahal kan hal ini terus berulang, kenapa kebakaran jenggotnya pas akhir tahun, langsung panik dana ini belum terserah, dana ini belum dimanfaatkan. Bukannya hal itu ibarat buang2 duit, nanti tahun depan jalannya rusak lagi, trus perbaikan lagi (di musim hujan) gak bakal selesai nih.

Hal aneh yang kedua adalah, perbaikan jalan nasional selalu dilakukan menjelang mudik, dan selalu pas puasa. Gak kebayang deh, panasnya kayak gitu, puasa, dan harus ngerjain pembangunan jalan, penuh debu, atokah pada gak puasa? hmmm.. bukan itu si masalahnya, lagi2 yaitu, kenapa harus mepet bin mendadak, kenapa gak disiapkan jauh2 hari, hal ini juga berulang tiap tahun.

Ah entahlah, mungkin sudah ada SOP nya, kalo mau menghabiskan anggaran or bangun sesuatu harus mepet, mepet tahun or mepet lebaran. Sudah kebijakan dari atasan, tidak bisa diganggu gugat.