Skip to main content

Bab 2 Perencanaan Web

1.       Pendahuluan

Inti dari perencanaan dan situasi bisnis adalah isinya, karena didalamnya dimungkinkan untuk melakukan penambahan atau pengurangan agar sesuai dengan kebutuhan. Terdapat beberapa komponen standar yang tidak bisa diabaikan yaitu:

  • Analisis Pasar, terdiri dari analisis pasar sasaran, riset pasar, dan perkiraan pasar

  • Strategi Website, meliputi: fokus strategi, visi misi, strategi pengembanga, dan strategi pemasaran

  • Ramalan Penjualan, memiliki keuntungan spesefik seperti bentuk penjualan, pengurangan biaya, dan keuntungan lain

  • Anggaran Pengeluaran, pengembangan website, back end, front end, taktik, promosi, dan tanggung jawab manajemen


2.       Skema Web Plan

Inti rencana dan situasi pasar dari sebuah bisnis atau organisasi adalah isi/content . Meskipun banyak hal yang ditambahkan atau dikurangi sesuai kebutuhan tetapi semua tidak terlepas dari content tersebut.

3.       Tabel-Tabel Penting dalam Web Plan

a.       Ramalan Pasar
Menganalisa pasar berdasarkan segmentasi dan project market growth selama lima tahun.

b.      Perkiraan Trafic
Estimasi traffic yang kan masuk yang bisa dilihat dari page view, session, dll

Terdiri dari :

  • Ramalan Penjualan

  • Anggaran Pengeluaran

  • Milestone

  • Ilustrasi angka-angka menggunakan grafik


4.       Publising sebagai Bentuk Manajemen

Bahaya terburuk dalam membangun perencanaan yaitu tidak bisa mengimplementasikannya. Publikasi adalah mendistribusikan rencana dimana seluruh manajer dapat melihatnya.

a.       Final Edit

Selalu melakukan pengeditan atas perencaan yang dibuat, karena seringkali terjadi kesalahan kata maupun angka yang akan mempengaruhi minat pembaca.

b.      Presentasi

Presentasi penting untuk mengkomunikasikan maksud dan tujuan. Presntasi harus dapat menperjelas informasi, memberikan kejernihan dan pertolongan dalam memahmi informasi.

c.       Dokumen Cetak

Kadang sebuah perencaaan baru bisa dianggap nyata karena keberadaan dokumen fisik. Buatlah dokumen sejelas mungkin dan menarik tidak terlalu norak tapi mudah dipahami.

5.       Berhasil Secara Online

Faktor kunci kesuksesan bisnis online

  • Menjual produk pada tingkat gross margin yang tepat untuk mempertahankan model bisnis yang menguntungkan

  • Menawarkan kepada customer online proposisi nilai yg meyakinkan

  • Memastikan customer aquisition berada pada tingkat jumlah penjualan yang sama

  • Memberikan kepada konsumen untuk memanfaatkan web bersahabat untuk mengikat pengunjung

  • Penca[aian trafic pengunjung yang signifikansecara terus menerus

  • Pengaturan efektivitas biaya dan efesiensi produk

  • Memberikan customer support terbaik melalui multiple touch point


a.       Bertahan dalam Revolusi Internet

Cepatnya perkembangan bisnis model mendorong internet menciptakan hubungan yang sangat erat yang disebut sebagai business web atau b-web.

b.      Tips bagi Advertiser Offline Berpindah ke Online

  • Jangan sia-siakan uang anda dalam branding online

  • Jadikan tujuan advertising sebagai sebuah orientasi

  • Mengambil keuntungan inovasi dari iklan online


 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tipus

kamis 4 des telat makan, br mkan jm setengah 2, trus pas kul rpl jam 2 rasanya dah puyenk2 gitu sorenya q minta dianterin priksa k rs.. dikasuh obat jumat, sabtu dah membaik lah... minggu dah lumyan senin fit, k jakarta dech... selasa pagi da rapt jam 6, wah rasane dah g karuan... hanis tu kuliah dengan bdan yg cukup lemes... pulang trus makan, trus tidur (mbolos kuliah, untunge g ada dosen) bangun lumyan lah, meski msh g enak bdan slasa sore nganterin temenku k bec, wah rasane wes ndak jelas nih... yenk2an tenan g tau sadara apa tidak pas jalan ksana... wes ra karuan rabu malem da rapat d sekre. wah pas rapat rasane dah menggigil q tanya temennku katanya biasa ajah.. ndak dingin lha kok q kedinginan pulang langsung pake selimut, jaket tebel dan ndak bsa tidur.. pikira aneh2, tugas lah, lpj lah, peristiwa masa lalu lah pagi br bsa tidur, dan gak kuliah dech siangnya q minta temenku k rs lagi dan cek darah dan positif tipes 1/160 untung trombosit msh bgus 187rbu yo wes lah istirahat dan

Plin Plan

Plin plan, bingunggan, bikin emosi emang niat awal mo beli mie goreng ama martabak menuju ke tempat yg dituju, ternyata mie nya gak jual, martabak jual tapi males ah,, putar kanan, 500 meter nemu penjual martabak 1, lewat, penjual 2 lewat, penjual 3 lewat nemu penjual mi 1, 2, 3 lewat semuaa putar kanan, 1 km nemu penjual mi 4 lewat, 5 lewat nemu penjual martabak 4 brenti, ngantri 1 jam.. emosi tingakt tinggi penjual mi 6 lewat penjual burjo brenti g antri pulang kelaparan emosi tingkat tinggi krna kelaparan makan burjo makan martabak masih laper sekarang dan masih emosi arghhhh semua ini g bakal terjadi klo g bingungan cukup ketmu penjual martabak 1 dan penjual mi 2, udah cukup ini harus sampe penjual mi 6... dan gak beli.. pengen nggresulo, muni2.. arrhhhh... prett tenan mana jalanan bandung kayak gini lagi orang seenaknya di jalanan, rame pula errrrrrrrrr emosi wess dan sekarang piye ki? saya msh kelaparan.. niat ngirit jadi boros,, selalu saja begini... aaaa mbuh lah.. nggawe mi in

Indonesia 18 A

 Seperti kita semua tau Indonesia hari ini sangat uwow banget. Begitu super duper kompleks permasalahn di Indonesia. Memang ya, makin dewasa makin mengerti makin mumet juga. Pada dasarnya super gregetan dengan kondisi di Indonesia, baik di tingkat negara, propinsi, maupun level kota itu sendiri.. Ada problem semua. Tapi ya gimana, kita cuma rakyat kecil yang sudah pasti sura kita gak akan didengar.  Iya sadar memang suara wong cilik ini sudah jelas gak akan didengar, jadi suara2 kami hanya sekedar peng-grundelan diri sendiri, sia2 memang mau berkeluh kesah, mau kritik apalagi kasih saran. Bahkan tulisan di blog ini saja belum tentu ada yang baca. Tapi biarlah, kata UU warga negara masih diberikan kebebasan berpendapat (ya meski kita tau sendiri UU ITE begitu menyeramkan).  Masih berani berbeda pendapat dengan penguasa? sudah siap dengan UU ITE? ahhh seremmm.. Pokoknya udah paling bener jangan cari masalah deh, udah kapok di BAP.. ihh seremm.. ngerii, lemes.  Jadi ikutin saja arus, mere