Wednesday, March 4, 2009

DIPONEGORO - Chairil Anwar

DIPONEGORO

Di masa pembangunan ini
tuan hidup kembali
Dan bara kagum menjadi api

Di depan sekali tuan menanti
Tak gentar. Lawan banyaknya seratus kali.
Pedang di kanan, keris di kiri
Berselempang semangat yang tak bisa mati.

MAJU

Ini barisan tak bergenderang-berpalu
Kepercayaan tanda menyerbu.

Sekali berarti
Sudah itu mati.

MAJU

Bagimu Negeri
Menyediakan api.

Punah di atas menghamba
Binasa di atas ditindas
Sesungguhnya jalan ajal baru tercapai
Jika hidup harus merasai

Maju
Serbu
Serang
Terjang

Puisi ini pernah aq bawakan dulu pas jaman-jaman-nya masih duduk di SD
Waktu itu klo gak salah pas lomba murid teladan tingkat kecamatan,
dan Alhamdulillah bisa memenangkan-nya (narsis dikit gak papa kan?)
hahaha... jadi inget masa2 kecil dulu
Masa kecil di sebuah desa yang tenang dan damai, masa yang penuh keceriaan.
Dengan teman2 yang menyenangkan juga.
Pas SD si prestasi lumayan bisa dipertanggungjawabkan, selalu di atas angin (hehe)
Begitu masuk SMP, persaingan dimulai, 10 besar aja dah lumayan.
Palagi pas SMA, wah cuma sekali masuk 10 besar, saking ketatnya persaingan.
Kuliah??hmmm... makin berat aja nih...

KLo inget jam,an SD dulu jadi pengen pulang ke rumah, tapi sekarang kampung ku dah agak berubah, gak kayak dulu lagi...
Merindukan masa-masa itu...

2 comments:

  1. itu puisi memang sering dibawakan , karena sangat terkenal

    kalau aku bukan lomba baca puisi, tapi nyanyi dandanggulo... padahal suaraku kan nggak sebagus Katon atau selembut Letto...he..hee. hasilnya ya kalah lah ...

    btw,
    lam kenal

    ReplyDelete
  2. hehe...
    sama, q jga g bsa nyanyi...

    lam kenal jga..

    ReplyDelete