Skip to main content

camping di lereng papandayan



Sabtu, 7 Maret 2008 pukul 11.00
"om, nih barang2nya, ntar kita ngumpul di kosanmu aja, kasih tau yg laen, jangan lupa siapan barang2 yg dibutuhkan"
12.00an
tik tik tik... byurrr... gludug dludug (ujan deras+petir)
"wagh gmana nih, ujan gini, tunggu agak reda lah"
13.00
"wah dah lumyan reda ni, berangkat yuks, nekats ajah.."
Akhirnya kita berlima (aq+pram, dika, ian+santi) berangkat menuju sasaran yg belum jelas bakal kemana.
Perjalanan menuju pangalengan cukup becek, karena baru aja hujan deras, but nekat ajalah. Untungnya gak hujan, so perjalanan lancar2 saja, bahkan di Pangalengan cuaca cukup cerah. So, kita mampir di toko swalayan buat beli makanan.
Perjalanan lanjut kembali, dan tiba2 masuk meuju areal kebun teh...
WOW.. keren... teh semua (jalanana msh mulus karena msh beraspal)
Perjalanan serasa begitu menggembirakan, sampai pada suatu saat, loh loh loh kok jalannya ancur gini, hanya batu2 berserakan.
Akhirnya q nyerah juga, tangan udah kram, gantian ma temenku.
Perjalanan dilanjutkan dengan kondisi jalan yang teramat sangat parah, hanya batu2an, berkali2 mesin motorku sebelah bawah kena batu, tidakkk...
Dan pada akhirnya langit makin gelap, dan yang ditunggu-tunngu pun datang juga, HUJAN. Untungnya tidak jauh di seberang sana ada pondokan tempat nampung teh (tapi karena jalan terjal jadi terasa jauh).
Setelah agak reda, meskipun msh sedikit gerimis kita lanjutkan perjalanan.
Akhirnya setelah sekian lama nemu desa juga,,, leganya...
Tapi akh, msh kurang puas, jalan lagi dach.
Wagh jalan makin terjal+licin, ada yg kepleset juga.
Jalanan cukup mengerikan dan menantang, dan setelah mengarungi terjalnya jalan akhirnya ki9ta menemukan desa, ada lapangan,,, wagh senengnya.
Tanpa basa-basi kita mutusin nginep di lapangan bola di desa itu ajalah, udah jam 17.30 soalnya, dah mau gelap.
So, q minta ijin dulu ma pemuka desanya, namanya Pak ERKA (q bingung ERKA ato RK?? nama apa jabatan??)


18.00
Setelah dapet ijin, langsung lah kita menuju pinggir lapangan, dan segera saja kita bikin tenda takut keburu ujan.
Untung ada si pram yg dah pengalaman camping, yg leinnya msh pada cupu... hahaha...
Tenda pun berdiri, dan lapar menyergap.
Tanpa berlama2 langsung kita masak nasi+mie, dengan sebelumnya bersusah payah masang gas ke kompornya.
Tiba2 ada sesosok bayangan yg makin lama makin mendekati tenda kita (udah gelap), sapa ya??
Ternyata salah seorang warga, beliau nawarin nginep di mushola, takutnya kita kedinginan.
Sambil nunggu masak kita cari air dulu, sambil cari WC dan k mushola.
Abis itu q ma santi ngelanjutin masak mie nya, dan karena temen2 gak pada bawa peralatan makan, akhirnya kita gantian makannya.
Ykah meski seadanya tapi yg penting kenyanglah.
Btw, g seru juga ni masak g ada api unggun, alhasil si dika+ian nyari kayu bakar ke warga, entah gmana ceritanya tiba2 mereka dah bawa warga yg mbawain kayu bakar.
Tapi karena angin terlalu keras, akhirnya kita geser tendanya biar menghalangi angin, dan tiba2 aja si bapak yg tadi mbawain kayu bakar dah nongol lagi, padahal tadi beliau dah pulang.
Beliau malah mbantuin kita nyalain kayu bakar.
Dan jam 9 gili9ran si dika, ian, santi jaga, q ma pram tidur, tapi tetep aja q g bisa tidur (biasanya jam 2 baru tidur)
Jam 23.00 gantian aq ma pram yg jaga ditemani ma ian..
Tapi karena api dah padam, tinggal bara nya doank akhirnya jam 01.00 kita semua beranjak tidur.



Minggu, 8 maret 09
05.00
Wah si dika dah ribut banget ni.. bangunan kita2..
Dengan suhu yg lumayan dingin, kita bangun, trus kita ke kamar mandi.. eee ternyta ndak ada air, ya udah terpaksa tayamum deh shubuhnya.
Balik k tenda, q ngelanjutin tidur, si dika, ian n santi pergi cari air..

Jam 07.00
Gantian tugasku bersih2 peralatan makan sisa semalem, sambil cuci muka karena air dah ada. Wihhh segar dan DINGIN sekale...
Abis itu kita masak dech.. lagi2 kembali makan mie goreng, haha..
Karena langit di seberang sana menampakkan awan culumbus(ato apa ya?) yg membawa air dan terlihat petir menyambar nyambar di dalam awan yg sangat tebal itu (mengerikan) akhirnya kita putusin berkemas2 dan segera meninggalkan tempat, gak jadi naek k papandayan.
So, kita beres2 tempat trus pamitan ke pak erka, tuk pulang.
Kembali lagi perjalanan seperti kemaren...
Q ma pram berhasil di jalur terdepan, karena kegesitan pram dlm mengendarainya, berkali2 kita berhenti nungguin yg lennya.
Meskipun jalanan terjal, tapi ketika melihat sekeliling yg serba ijo...
wah, sungguh luar biasa keagungan ALLAH SWT.
Subhanallah, keren banget dach...
bagaikan hamparan karpet hijau, mungkin bukan bagaikan lagi, tapi emng hamparan karpet ijo. Setelah menempuh 10 km/ jam akhirnya nyampe juga di jalan aspal, dan berkilo kilo jauhnya.
Di jalanan aspal gantian q yg depan. tapi karena badan dah capek kita ngedarainya nyante...

sekitar jam 13.00
Kita dah nyampe jembatan pasar dayeuhkolot, macetnya minta ampun dan tiba2 suara guruh menggelegar..
Sampai pertigaan yg deket apotek angin bertiup kencang banget... wagh cepet2 neh.
Dan sampe depan yg tentara2 itu, ujan BYUR.. bagai di tuang dari langit
sampai jalanan sukabirus, ujan makin gedhe dan angin bertiup kencang banget
Nekat ajalah, q dah asal jalan g begitu keliatan jalanannya...
Dan akhirnya sukses nyampe d kosan pram dengan basah kuyup.
Dingin banget dan gak pake lama pesen makanan, tapi datangnya lama jam 15 an baru nyampe...Makan, dan karena dah sedikir reda pulang...
dan tidurrr...

Petualangan yg mendebarkan dan mengasyikkan...
Kapan berpetualang lagi ya??

Comments

Popular posts from this blog

Purworejo Nasibmu Kini

Cerita tentang purworejo tentunya tak lepas dari kemajuan yang sangat pesat hingga tak ada satupun bangunan baru, haha, gak nyambung. Ya tapi begitulah maksudnya orang2 purworejo emang keren dan pesat pembangunannya, tapi mbangun daerah lain, bukan di pordjonya sendiri. Sepertinya orang2 emang enggan mbangun pordjo (termasuk saya). Jadi wajarlah nama “kota pensiun” bener2 pas buat pordjo. Tapi mungkin ya seperti itulah yang saya rasakan. Saya malah merasa lebih ingin pordjo ya gini2 aja, haha, bener2 parah, Justru enak rasanya. Pulang kampung itu gak macet dan masih bisa merasakan hawa2 kesegaran dan ketentraman. Tapi sepertinya keterlaluan juga klo pordjo gak maju2, dari jaman sekolah sampe sekrang gak ada perkembangannya. Cuma 1 kemajuannya udah ada alfamart dan indomaret, wkwkwk.. parah asli. Mall gak punya, tempat hiburan gak punya. Tapi jangan salah jaman saya SD pordjo punya 2 bioskop keren, di bioskop bagelen dan bioskop pusaka. Masih inget dulu saya nonton lion king ama bapak,

Tipus

kamis 4 des telat makan, br mkan jm setengah 2, trus pas kul rpl jam 2 rasanya dah puyenk2 gitu sorenya q minta dianterin priksa k rs.. dikasuh obat jumat, sabtu dah membaik lah... minggu dah lumyan senin fit, k jakarta dech... selasa pagi da rapt jam 6, wah rasane dah g karuan... hanis tu kuliah dengan bdan yg cukup lemes... pulang trus makan, trus tidur (mbolos kuliah, untunge g ada dosen) bangun lumyan lah, meski msh g enak bdan slasa sore nganterin temenku k bec, wah rasane wes ndak jelas nih... yenk2an tenan g tau sadara apa tidak pas jalan ksana... wes ra karuan rabu malem da rapat d sekre. wah pas rapat rasane dah menggigil q tanya temennku katanya biasa ajah.. ndak dingin lha kok q kedinginan pulang langsung pake selimut, jaket tebel dan ndak bsa tidur.. pikira aneh2, tugas lah, lpj lah, peristiwa masa lalu lah pagi br bsa tidur, dan gak kuliah dech siangnya q minta temenku k rs lagi dan cek darah dan positif tipes 1/160 untung trombosit msh bgus 187rbu yo wes lah istirahat da

Analisa Ngawur Alaihum Gambreng

Lagi musim politik sepertinya rame banget dah ini. Apalagi lagi mo blos coblos capres. makin rame dah. Mengikuti perkembangan media baik cetak elektronik maupun sosial lha kok makin sadis aja, black campaign, white campaign, blue, yellow, dll. Jadi menurut "analisis saya" - pake gayanya sentilun.. adalah sebagai berikut Jika arah angin tetap seperti ini saja, tanpa ada badai yg tiba2 menghenyak, maka kemungkinan jokowi unggul dibanding prabowo, kenapa? 1. perkembangan di masyarakat si prabowo ini punya masalah ham, meskipun udah dimentahkan. seandainya benar maka dia pun hanya menjalankan perintah atasan, yang tidak laen atasan dia si wiranto yang sekarang di kubu jokowi. 2. koalisi prabowo isinya orang2 blunder, si hatta ada masalah dengan penegakan hukum yg si anaknya itu, si ical jelas masalah berat sama lapindo, si surya dharma malah ikutan masalah kesandung korupsi haji, yg pks juga ada masalah yg korupsi sapi (meskipun para kader pks membantah abis, tapi namanya st