Wednesday, November 9, 2016

Ketepatan Waktu Maskapai Indonesia

 Industribisnis.com
Moda transportasi udara adalah pilihan transportasi yang dapat menghemat waktu dan energi, terutama bagi orang-orang yang sibuk atau menghadapi kondisi genting. Kendati biayanya lebih mahal dari moda transportasi darat atau laut, bepergian menggunakan pesawat terbang saat ini lebih banyak dipilih.

Masyarakat yang sudah menggunakan biaya yang tidak murah menuntut mendapatkan pelayanan yang baik dan memuaskan. Pelayanan tersebut tidak selalu tentang fasilitas materil dan keramahan kru pesawat, ketepatan waktu penerbangan juga menjadi salah satu pelayanan yang dapat mengukur kepuasan penumpang.

Ketepatan waktu penerbangan atau on time performance atau OTP menjadi perhatian khusus bagi pemerintah. Karenanya setiap tahun Kementrian Perhubungan mengeluarkan data OTP terbaik pada maskapai penerbangan di Indonesia.

Ada ketentuan tertentu dalam menentukan OTP pada sebuah maskapai penerbangan, seperti:
- Faktor tekhnis operasional, seperti antrian pesawat pada saat take off atau landing,  atau keterlambatan pengisian bahan bakar.
- Faktor non tekhnis, seperti keterlambatan kru pesawat, ketelambatan perihal konsumsi, menunggu penumpang, dll.
- Faktor cuaca.

Pada tahun 2015 lalu, kategori OTP terbaik dipegang oleh Garuda Indonesia dengan nilai ketepatan waktu 85,46 persen. Sementara tahun ini mengalami perubahan yang signifikan, predikat OTP terbaik dipegang oleh Batik Air dengan OTP 91,21 %, Nam Air dengan OTP 90,61 %, dan Garuda Indonesia turun menjadi di posisi ke 3 dengan OTP 85,82 %.

Dengan informasi tersebut Anda dapat mencari tiket pesawat yang memiliki ketepatan waktu yang baik ketika hendak bepergian. Agar jadwal perjalanan Anda tidak mengalami banyak perubahan dari yang direncakan. Untuk informasi lebih detil tentang waktu keberangkatan, Anda dapat cari tiket pesawat di Traveloka, salah satu situs yang sudah berpengalaman.

Nama baru dalam urutan 3 besar dengan OTP terbaik adalah maskapai NAM Air. Maskapai tersebut merupakan anak perusahaan dari Sriwijaya Air. Berdasarkan informasi,  NAM Air dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan kelas menengah ke atas. Seperti kelas yang dibidik maskapai Batik Air dan Garuda Indonesia.
Aeronusantara.blogspot.com
Dengan prestasi OTP tersebut NAM Air yang beroprasi sejak tahun 2013 ini berhasil meningkatkan kualitas pelayanannya, dan diharapkan dapat juga meningkatkan pelayanannya di bagian yang lain.

Maskapai NAM Air melayani banyak rute penerbangan, salah satunya menuju kota Padang di Sumatra Barat. Jika Anda berkesempatan mengunjungi kota yang terkenal dengan makanannya ini, Anda dapat singgah ke beberapa tempat wisata, seperti:

1. Museum Adityawarman
Museum yang telah dibangun sejak tahun 1971 ini menjadi ciri khas kota Padang yang harus Anda kunjungi. Museum ini menyimpan benda-benda bersejarah kota Padang yang masih terawatt baik hingga saat ini.
Indonesiakaya.com
2. Pantai Aji Manih
Pantai Aji Manih menjadi salah satu pantai yang terkenal dengan legenda Malin Kundang. Kawasan ini menawarkan pemandangan pantai yang indah, berlatarkan Gunung Padang yang indah.
Pecintawisata.blogspot.com
3. Miniatur Makkah
Tempat wisata ini terbilang masih baru namun sudah menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi. Bentuknya cukup mirip dengan kota Makkah, selain itu Anda juga dapat melihat beberapa hewan, seperti Unta, ikan dan ular.
Kota-padang.blogspot.com
4. Air terjun Lembah Anai
Lokasinya cukup jauh dari kota Padang, sekitar 60 km atau 2 jam perjalanan. Lembah Anai ini termasuk salah satu lanskape yang mewakili gambaran atau ciri khas Sumatra Barat. Di sana terdapat 3 buah air terjun, salah satunya memiliki tinggi sekitar 35 meter.

5. Jembatan Siti Nurbaya
Tokoh Siti Nurbaya memang sangat populer di Sumatera, sehingga kota Padang dijuluki sebagai kota asal Siti Nurbaya. Namanya pun diabadikan dalam beberapa tempat wisata seperi taman Siti Nurbaya dan Jembatan Siti Nurbaya.

Jembatan Siti Nurbaya adalah salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi, terutama pada sore dan malam hari. Pada malam hari keindahannya terlihat karena sepanjang jembatan diterangi dengan lampu-lampu, juga suasana ramai dari para pedagang makanan di kawasan tersebut.

Jika sekarang Anda sudah memiliki pilihan maskapai penerbangan yang ingin Anda pilih, juga sudah memiliki kota tujuan, maka saatnya bagi Anda untuk berlibur, keluar dari rutinitas harian yang padat.
Satu hal yang penting, pastika pesan di tiket channel yang tepat, sehingga kapanpun dan dimanapun bisa pesan tiket meski udah mepet.

Thursday, July 21, 2016

Lebaran 1437/2016

Mudik kali ini adalah mudik paling mepet sepanjang sejarah karena baru malem takbiran kita pulang. Karena info dari kantor baru liburnya tanggal 5 juli (lebaran 6 juli). alhasil kalau naik kereta gak mungkin (karena kita selalu pilih yang siang hari, kan gak asik klo mudiknya tanggal 6, nyampe rumah tanggal 6 sore,, udah pada bubar keluarga). Akhirnya diputuskan beli tiket pesawat bandung-jogja yang jam 16.30 sore..

Si anak kecil naya pun udah dibeliin 1 tiket kursi sendiri. Doa kami adalah naya mau duduk sendiri selama di pesawat. HIngga akhirnya kita masuk dan naya mau duduk sendiri, yeyy (jangan senang dulu). sambil makan cemilan, sambil ngoceh2 cerita (karena pesawat belum terbang, lumayan lama di landasan, nunggu pesawat lain).

Hingga akhirnya pesawat mulai terbang (masih oke).. semakin naik (oke).. semakin keatas (mulai panik).. makin tinggi.. (panik minta pangku).. tinggiiii dan hanya terlihat awan putih.. (wes panik harus dipanggu ibunya).. yakhh gagal wes,, katanya takut awan.. alamakk nay nayy.,, haha..

Jadi ya sudah mo gimana lagi, bangku tengah pun kosong (nay itu harga bangkunya mahall).. Hingga sampai pesawat mulai stabil diatas, jendela bis ditutup, setelah dibujuk rayu akhirnya mau lagi deh duduk sendiri..(lumayan gak jadi rugi).. eitss tapi begitu mau mendarat, kan jendela wajib dibuka lagi... drama lagii,, karena diluar terlihat awan putih,, kembali.. takut awan.. oposehh ini anak, hahaa.. pangku lagi lah.. sampe mendarat.. yakh setidaknya gak terlalu drama dan kursinya sempet didudukin, jadi gak rugi2 banget.

Sampai jogja udah dijemput langsung cuss pulang ke purworejo via jalur atas. dengan sopir yang profesional, jalan berliku kelak kelok hajar terus,, sampe si ibunya tegang..
Bandung - Jogja : 1 jam
Jogja - Purworejo : 2 jam

Selama lebaran biasa lah, maen2 standar cuma di situ2 aja, gak kemana mana,, bahkan foto2 pun tak ada.. *karena hape tinggal dikamar terus, paling cuma ngecek klo ada message, baru aktif megangnya malem jam 10an,, udah pada tidur,

Minggu pertama labaran its oke, menyenangkan, sempet keluar cuma beli siomay tombo kangen dan dawet ireng depan smp 2 (yg depan kantor pos uantrii sadis). hingga akhirnya peristiwa itu datang juga..

Naya terjatuh, bibir nya luka, dan sariawan.. wess drama ini wes.. bawa ke dokter, ternyata selain sariawan ada campak juga,, ealahhh.. ono ono bae.. (hari selasa)

Masukin obat campak nya masih okelah, dicampur ke botol susu.. lha obat sariawan nya ini.. ampe masuk hari ke 5 gak mau makan blas,, stres wong tuone,, rewel terus, klo malem nangis2,, siang gendang gendong.. padahal hari minggu udah harus balik ke bandung.. orang2 rumah pada gak tega, tapi mau bagaimana lagi..

Sampai di bandung langsung beliin obat sariawan GOM - murah cuma 3100 dan langsung ditetesin/dioles.. alhamdulillah banget 2 hari sembuh.. sekarang udah doyan makan.. (padahal di purworejo udah beli obat sariawan di apotek 30.000 - trus ke dokter dikasih salep sariawan - sekitar 50.000 klo gak salah... lha ternyata cocoknya ama obat yang 3.100... ealahhhh)

Oh ya, perjalanan Purworejo-bandung ditempuh dengan kereta api gujes gujess.. Alhamdulillah juga meski masih sariawan, selama di kereta gak rewel, bisa tidur, bisa ngoceh,, paling cuma minta pangku aja yg berat,, karena ngantuk (ibunya udah 8 bulan).

Wednesday, July 20, 2016

Tipes dan Puasa 1437 / 2016

Seperti bertahun-tahun sebelumnya, puasa ya biasa aja (awalnya). Yah awal puasa hingga pertengahan puasa semua lancar dan seperti biasanya puasa, tapi menjelang akhir puasa peristiwa itu terjadi. Kalau tidak salah puasa ke 20 saya tumbang hingga akhir puasa.

Jadi ceritanya hari itu hari sabtu (25 juni). hari itu dikantor ada kerjaan keluar anter2 barang, dan puanas banget sih tapi masih okelah. Lalu pulang kerja jam 1 siang itu panasnya maknyus banget. sesampai di rumah jam 2 istirahat bentar karena sorenya mau ada buka bareng. Tapi kok sekitar jam 3an udah mulai sakit kepala, lumayan berat..

Jam 16.30 masih sakit, tapi mungkin cuma efek puasa, bentar lagi buka. Berangkat menuju bukber dan lumayan macet. Pas saatnya buka entah kenapa sakit kepala makin parah, perut mual dan parahnya lagi menggigil kedinginan, asli super menggigil lah. Jam 18.40 pulang, sambil kepala pusing, perut mual (pas buka tadi cuma makan seperempat porsi karena mual banget), plus menggigil (mikirnya cuma masuk angin). Sampe rumah dikerokin makan sebisanya.

Minggu nya, masih parah, pas waktunya sahur gak bisa makan apapun, bahkan dibikinin mie rebus pun gak disentuh, udah gitu malemnya gak bisa tidur dan agak ngigau gitu. Menjelang siang menguatkan diri periksa ke dokter dan cek lab dan hasilnya.. TIPES. alamakkkk.. puasa-puasa kena tipes,, wes fix tumbang.

Ciri2 tipes yang dialami : sakit kepala berat, menggigil parah, perut mual, lidah pahit, suhu tubuh panas
Selama awal2 (4 hari pertama) bener susah makan, jadi asupannya seadanya. minum juga kurang (MOHON JANGAN DITIRU).. hingga akhirnya seminggu kemudian udah mulai enakan buat makan dan minum.. periksa lagi ke dokter,, dan hasilnya tipus udah membaik.. tapi TROMBOSIT TURUN.. DIBAWAH NORMAL (normalnya 150.000) bisa dikatakan ini gejala DEMAM BERDARAH... ealahhh.. sepakett..

Alhasil mulailah mengonsumsi jus jambu (tapi agak takut sih, soale kan ada penyakit tipesnya.. tapi kata dokter gakpapa, yo wes, daripada disuruh opname.. langsung genjot jus jambu/pocari sweat/sari kurma..

Esok harinya (senin) periksa lagi dan Alhamdulillah udah naik.. gak jadi opname.. karena hari selasa nya udah mau mudik.

Saat menginjak hari terakhir puasa / hari mudik pun masih lemes2,, klo gerak2nya banyak jadi agak berkunang-kunang dan keringetan banget.. Thanks to istri yang kerjaanhya jadi super berat karena
- ngurus suami yang tumbang
- ngurus anak yang aktiv banget dan ceria dan kadang rewel juga sih (nak nakk..)
- ngurus rumah dan segalama macam tetek bengeknya
- lagi hamil 7 bulan
warbiyasahhh...

Friday, June 3, 2016

Lebih Murah Naik Angkot daripada Motor***

Perhitungan beda naek motor dan angkot, dengan asumsi biaya selama 3 tahun tidak ada kenaikan.
angkot
sehari : 14.000
sebulan : 14.000 x 26 = 364.000
setahun : 4.368.000
3 tahun : 13.104.000

beli yamaha vega : 12.000.000
bensin seminggu : 25.000
bensin sebulan : 100.000
bensin setahun : 1.200.000
alokasi servis : 3x200.000 : 600.000
pajak : 250.000
total biaya bensin servis pajak : 2.050.000
selama 3 tahun : 6.150.000
motor + total biaya 3 tahun : 18.150.000

ternyata masih lebih murah angkot, dengan kondisi :
-ngetem setiap saat
-naik motor cuma setengah jam, naik angkot sejam lebih
-kalau mau mampir2/tujuan tambahan maka nambah pengeluaran lagi
-gak bisa maen2 ke tempat yg tidak dilalui angkot
-klo ada keperluan sewaktu2 susah
-pake motor aja udah menghabiskan banyak waktu di jalan karena macet, apalagi angkot bener2 tua di jalan
-angkot tidak nyaman, panas, banyak perokok se enaknya sendiri

tapi masih ada kelebihan nya:
-tinggal duduk manis saja dan bayar (meskipun gak nyaman karena kadang berhimpit2an, perokok se enak wudelnya, bau kringet orang, kena polusinya jauh lebih lama daripada naek motor)

Bagaimana jika kasusnya suami dan istri kerja :
-angkot : 13.104.000 x 2 = 26.208.000
-motor : 18.150.000 (anggep ada tambahan servis dan bensin 1.000.000) = 19.150.000

jreng jrenggg...

Friday, May 27, 2016

Hobi Nonton Serial

Jaman sudah berubah, nonton pun juga berubah. Kalau dulu hanya mengandalkan nonton film baik di bioskop maupun bajakan ngopi dari orang, sekarang seemua telah berubah.
Karena tuntutan jaman dan kemajuan maka pilihan2 untuk nonton pun makin beragam, dan juga pilihan yang mau di tonton pun bertambah. Kini ada beberapa hal yang bisa dilakukan
Menonton :
1. nonton di bioskop
hal ini hanya dilakukan untuk film film yang emang dipandang layak dan worthed /worth it buat di tonton, karena selain harus mengeluarkan uang tentunya yang paling utama harus mencari SIM dahulu.. surat ijin menonton.. ini yang cukup sulit mengingat sudah ada junior, *maafkan bapakmu nak kadang kamu tak tinggal menonton, itu juga susah buat dapet SIM nya..
2. nonton dari download
dulu jaman belum masang internet, susah pisan mau donlod film, sekarang berkat indihome 1 mb (310ribu per bulan, cukup mahal dan kecepatan masih kurang banget, tapi setidaknya unlimited) akhirnya bisa download film juga meski semaleman...
3. nonton streaming
inih yang baru, kalau pas dapet kecepatan stabil bisa streaming
4. nonton di tv
berhubung pake indihome dapet tv jjuga yang ada filmnya,tapi entah kenapa fitu ini jarang di manfaatkan, karena males mo nonton di tv, sepertinya efek tv nya cuma 14" layar cembung, jadi mending nonton di laptop/tablet saja yg lebih enak

Dari segi pilihan tontonan nya pun bertambah, kalau dulu hanya FILM saja, saat ini sudah muncul SERIAL yang keren (say no to sinetron).
kalau film paling setahun cuma beberapa film yang keren (karena klo film drama belum tentu suka, bahkan film2 yang menang oscar/dll belum tentu ditonton karena biasanya drama)
jadilah gak ada tontonan hingga akhirnya diperkenalkan lah dengan serial2 barat yang kece abis.
Beberapa serial yang di ikuti :
Agents of SHIELD (marvel)
Daredevil (marvel)
Agent Carter (marvel)
Arrow (DC)
The Flash (DC)
Legends of Tomorow (DC)
Gotham (DC)
Supergirl (DC)
The Blacklist
The Last Ship
Game of Thrones